Wed. Jul 24th, 2024

Bagi yang ingin bekerja di Luar Negeri khususnya Timur Tengah, salah satu syarat terpenting adalah harus lulus ujian Prometrik, mirip Ukom kalau di Indonesia. Prometrik itu nama Providernya, nama ujiannya SNLE (Saudi Nursing Licence Examination) kalau anda mau kerja di Saudi arabia. Kalau anda berminat kerja di UAE maka anda harus lulus ujian prometric di Abu Dhabi (DOH) atau Dubai (DHA).

Bekerja tanpa license gajinya tidk setinggi perawat yang lulus prometric. Sebenarnya prometrik di Saudi, Qatar, Kuwait, Abu Dhabi itu beda, tapi lebih banyak miripnya. Di Abu Dhabi soalnya terkenal yang paling susah kalau dibandingkan dengan negara lainnya di Timur Tengah.

Idealnya perlu persiapan belajar 6 bulan yang intensif dengan rata-rata per hari 4 jam belajar. Banyak buku rujukan yang bisa dipelajari dan tersedia online lengkap termasuk latihan soal dan rasional jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa trik dan Tips sederhana dari mas @Achir fakhrudin, yang sudah beberapa kali pengalaman ujian prometric.

Tips & Trik :

1. Soal-Soal

  • Pelajari soal-soal 2-3 tahun terakhir
  • Kuasai dasar istilah-istilah dalam soal
  • Buat catatan khusus di buku/kertas hal-hal yang sulit dipelajari (wajib). Kalau perlu ditulis dan ditempel di dinding kamar, biar bisa kebaca setiap hari.
  • Buat standar minimal soal yang harus dipelajari per hari. Misal 50 soal per hari. Nanti bisa ditingkatkan 100 atau 150 soal per hari (wajib).

2. Perhitungan Soal

  • Total ada 150 soal selama 3 jam. Pelaksanaan ujian dibagi dua sesi dengan masing-masing 75 soal dalam 90 menit. Ada break 15 menit ditengah. Mau diambil atau tidak waktu tetap berhitung mundur dan secara otomais akan memulai sesi kedua. Tapi jika ingin langsung, bisa tanpa break.
  • Passing Grade adalah 500. Maksimal nilai benar semua adalah 800. Jadi, persoal bernilai (5,3) dan untuk mencapai nilai 500, minimal harus benar 94 soal.

3. Persiapan Diri

  • Perbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi (eg. Putih telur, ikan, dll) untuk meningkatkan dan menguatkan daya ingat.
  • Latih diri setiap hari review soal-soal dan beri waktu istirahat 1 hari dalam seminggu. Usahakan refreshing (Sama sekali abaikan prometrik satu hari). Bisa nonton film, dll- Waktu yang paling bagus belajar adalah pagi, atau habis shalat tahajud dan baca Al Qur’an lalu dilanjut review.
  • Mendekati hari H, hindari konflik-konflik kecil yang bisa mengganggu konsentrasi belajar.
  • Kurangi waktu tidur dan alokasikan lebih banyak membaca. Ingat! Keberhasilan butuh pengorbanan.- Menggapai RN adalah perjalanan panjang. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Karena tidak setiap orang bisa lancar menghadapinya. Mulai dari kesulitan di proses pendaftaran, berkas yang tidak lengkap atau bahkan jatuh sakit.
  • Jadikan ini momentum pertama dan terakhir ujian prometrik, fokus ujian sekali langsung lulus. Lelah, capek itu biasa. Tapi terbayar nanti kalau sudah PASS. Semua boleh dilupakan.

4. Lain-lain

  • Tidak ada jaminan yang pandai bahasa inggris akan lancar mengikuti ujian (Apalagi yang tidak lancar), Seperti ukom di Indonesia. Jadi sekali lagi memang harus benar-benar belajar. Model soal adalah vignate (kasus). Semua butuh analisis dan kemampuana critical thinking kemampuan masing-masing.
  • Perbanyak do’a dan sedekah dan rajin-rajin perhatian ke orang tua.
  • Sebagai saran, jangan terlalu ekspose atau memberitahu semua orang bahwa kita mau ujian. Karena itu justru akan menambah beban mental dengan banyaknya pertanyaan dan pengharapan orang lain yang ditanggung. Maka, kalem aja dan fokus belajar. Mereka akan tahu sendiri nanti saat kita lulus.

Semoga berhasil ya semua. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita semua, aamiin

Penulis : Achir Fakhrudin

2 thought on “Tips dan Trik Lulus Prometric Test”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *