Fri. Jun 21st, 2024
EMT Indonesia di Abu Dhabi

Selamat pagi 

Menurut data tahun 2017 sedikitnya 28 ribu lulusan perawat, menganggur setiap tahunnya. Kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama. Bahkan sampai sekarang hal itu bukannya berkurang, tapi justru sebaliknya.

Tiap tahun, lulusan perawat baru mencapai jumlahnya 43.150 orang. Sedangkan, yang terserap dan mendapatkan kerja hanya 15 ribu, dengan jumlah maksimal. Jadi, rata-rata tiap tahun 28 ribu nganggur.Diperkirakan semakin banyak lulusan tiap tahun, maka pengangguran juga semakin banyak.

  • Hingga kini jumlah perawat yang menganggur sekitar 422 ribu orang. Ada lebih dari 60 an group perawat dengan berbagai spesialisasinya di facebook. Dari perawat specialist woundcare, anastesi, gigi, kamar bedah, iccu, haemodialisa, dan banyak lagi yang lainnya, bahkan ada juga group perawat mencari jodoh.

Hampir sebagian group-group di atas berakhir dengan postingan jual beli, promosi diskon, acara pelatihan. Ada juga yang mengeluhkan tentang sulitnya membuat STR, dan setelah mendapatkannya pun sulit untuk dapat pekerjaan dengan penghasilan layak. Kemudian memaki-maki PPNI yang dinilai kurang perannya bahkan terkesan mempersulit lulusan baru dengan ujian UKOMnya.


Puluhan ribu tenaga perawat honorer dengan gaji dibawah UMR tersebar di berbagai rumah sakit bahkan sukarelawan demi mendapatkan surat pengalaman kerja pun tak kalah banyaknya.
Banyaknya masalah terkait dengan rendahnya kualitas kerja perawat mungkin sangat erat hubungannya dengan status dan rendahnya gaji perawat. Perawat honorer atau sukarelawan tentu tak sesemangat perawat berstatus PNS atau pekerja tetap.
Alhamdulillah, bagi anda yang sudah mapan, lebih sejahtera, lebih berpengalaman, saatnya anda share semuanya ke saudara perawat junior yang masih honor atau ke mereka yang masih sibuk melamar kerja hanya untuk mencari surat pengalaman saja.


Masihkah anda berminat menyekolahkan anaknya di jurusan PERAWATAN?

Kata Perawat jaman Now,
Yang berat itu bukan rindu
Yang berat itu jadi Perawat
Gaji tak seberapa, resiko luar biasa.
Salam bahagia untuk Perawat Jadoel Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *