Wed. Jul 24th, 2024

Bagi perawat yang mau kerja di negara Arab, persiapan utamanya adalah belajar bahasa Inggris. BUKAN bahasa Arab.

Kok bisa? Kenapa?

Iya, di tempat kerja kita komunikasi sesama perawat dan dokter memakai bahasa inggris, buat laporan juga pakai bahasa inggris. Kemampuan listening dan speaking kita di sini diuji. Sangat penting bagi perawat ketika memberikan laporan tentang keadaan pasien misalnya ketika endorsement, meeting dan saat menerima order untuk memberikan terapi pengobatan.

  • Jaman sekarang orang arab terutama generasi mudanya sudah banyak yang lancar bahasa inggrisnya, mereka bangga kalau bisa ngomong bahasa inggris. Alasan penting lainnya adalah ujian prometric, ukom versi inggris ini juga memerlukan penguasaan bahasa inggris akademik yang memadai. Perawat harus banyak membaca textbook keperawatan dalam bahasa inggris.

Bagi yang bisa bahasa arab tentunya ada nilai plusnya. Komunikasi sehari-hari dengan pasien di klinik atau di rumah sakit lebih nyaman memakai bahasa arab demikian juga komunikasi di kampung arab akan lebih akrab dengan bahasa arab. Dan juga kebanyakan pasien yang sudah tua pun mereka masih suka pakai bahasa arab.

Jadi bagi teman-teman perawat yang ingin kerja di neraga Arab pastikan kompetensi bahasa inggrisnya yang mantap.

Sekarang banyak sekali media belajar online gratis, dari tiktok sampai YouTube ada lengkap mulai dari beginner sampai advance level.

Belajar bahasa inggris baiknya dimulai dari kampus, mata pelajaran keperawatan kalau bisa disampaikan dalam bahasa inggris minimal 2 jam seminggu. Presentasi kasus pakai bahasa inggris sangat baik untuk melatih mahasiswa mendengar dan mengucapkan bahasa inggris.
Situasi kampus juga sangat mendukung untuk kegiatan ini apalagi kalau dosennya banyak yang lulusan luar negeri.


Selamat belajar bahasa inggris, kami tunggu anda di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *