Fri. Jun 21st, 2024

Di Indonesia jenis kurma yang dapat dijumpai di pasaran cukup banyak, Setidaknya ada tujuh jenis kurma yang paling populer di Indonesia. Berikut rinciannya:

  1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa ini dikenal dengan sebutan kurma Nabi karena disebut-sebut sebagai jenis kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa ini merupakan kurma premium yang berasal dari  Madinah.  

Kurma Ajwa

2. Kurma Sukari

Kurma Sukari juga dikenal sebagai “Ratu Kurma”. Kurma ini menjadi kurma favorit keluarga kerajaan. Kurma Sukari memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan kurma lainnya. Dibanding dengan yang lainnya, kurma sukkari ini yang paling enak rasanya, cukup manis dan legit. Saat digigit dagingnya juga cukup lembut.

Kurma Sukari

3. Kurma Mejdool

Kurma Medjool dikenal sebagai “Raja Kurma” karena ukurannya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan kurma lainnya. Kurma ini banyak berasal dari Palestina, Maroko dan di Timur Tengah. Kurma yang berwarna coklat gelap dan memiliki daging yang tebal ini memiliki aroma yang harum. Rasanya juga cukup manis bahkan ada yang mengatakan rasanya seperti karamel.

Kurma Mejdool

4. Kurma Khalas

Kurma Khalas memiliki tekstur yang sangat lembut dan cenderung lengket. Kurma yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki warna yang cenderung coklat kemerahan. Rasanya cukup manis, apalagi jika sudah matang, rasa manisnya bisa seperti karamel. Banyak sekali dijumpai di pinggir jalanan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Kurma Khalas
Panen Kurma di Emirat Arab, Kebun milik orang Indonesia

5. Kurma Barhi

Kurma Barhi merupakan salah satu kurma yang paling enak dimakan saat masih setengah matang, rasanya renyah dan manis. Kurma ini biasanya berwarna cokelat kekuningan.

Kurma Barhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *