Wed. Jul 24th, 2024

Untuk mendapatkan lisensi sebagai RN (registered Nurse) Anda harus lulus Tes Prometrik di Negara tujuan anda akan bekerja, Kalau kepengin kerja di UAE maka anda harus memilih test prometrik yang berafiliasi ke DOH Abu Dhabi,DHA Dubai dan MOH. Demikian juga di negara lain, seperti ke Saudi, Qatar, Oman dan Bahrain anda harus lulus prometric di negara tersebut.

Bagi Perawat di Indonesia test prometric saat ini sudah tersedia di Jakarta. Jadi anda bisa test di Indonesia sebelum berangkat ke luar negeri.

Tes berbasis komputer ini tersedia sepanjang tahun. Anda bisa memilih jadwal kapan pun sesuai waktu yang anda punya.

Dengan persiapan yang tepat, ujian prometrik tidaklah terlalu susah, sama seperti UKOM Cuma pakai Bahasa inggris. Jika anda bisa lulus dari Pendidikan keperawatan berarti anda juga bisa lulus ujian prometrik tapi tentunya harus belajar dengan serius. Dan perlu diingat juga, jika IPK anda 4 dan lulus Cumlaud tidak ada jaminan anda akan lulus dengan mudah ujian ini.

Untuk lulus ujian prometric, anda harus mempersiapkan diri dengan belajar intensif selama 1 sampai 2 bulan. Jika karena alasan apapun, ternyata belum lulus, maka ada kesempatan 2 kali lagi untuk mengulang tes prometrik setelah masa tunggu 45 hari.

Berikut adalah 10 tips agar bisa langsung lulus sekali ujian.

1. Pahami Format Prometrik

Tes Prometrik menggunakan format CAT. Artinya tidak ada ujian tunggal yang soal dan jawabannya  identik. Selama ujian, algoritme komputer akan memberikan pertanyaan baru berdasarkan hasil kinerja dari pertanyaan sebelumnya. Bank soal bersifat komprehensif dan terdiri dari berbagai model pertanyaan dan dari berbagai  topik. Waktu yang disediakan 3 jam untuk menyelesaikan 150 soal.

2. Manajemen Stres

Untuk yang kadang suka gugup dan cemas atau stress menghadapi ujian, jangan khawatir. Ada cara untuk mengelola stres Anda. Cemas saat ujian  adalah hal yang wajar, anda pasti pernah mengalaminya Ketika kuliah, tapi nyatanya Anda sekarang telah berhasil lulus kuliah keperawatan, jadi teruslah mempersiapkan diri dengan sungguh-sunguh dan yakinlah pasti anda lulus dan sukses.

Ada beberapa cara utama untuk meminimalkan stres.

• Pertama, persiapkan ujian dengan serius tetapi jangan belajar yang berlebihan dan dipaksakan. Sangat Penting menjaga keseimbangan hidup anda Ketika mendekati jadwal ujian.

• Luangkan waktu setiap hari untuk berolahraga, tidur nyenyak, dan istirahat yang cukup. Dengan menjaga keseimbangan, pikiran Anda lebih rilex tapi siap untuk menghadapi ujian.

• Sehari menjelang ujian jangan jejali pikiran anda dengan berbagai informasi yang nggak penting, istirahatlah, tenangkan pikiran dan bersiaplah. Pokoknya lakukan kegiatan yang anda sukai dan membuat anda tenang.

3. Kenali cara / gaya Belajar

Kita semua memiliki gaya / cara belajar yang sedikit berbeda, dan Anda mungkin sudah mengetahuinya sekarang. Jika Anda memahami konsep dengan baik dengan representasi visual dari informasi, mungkin Anda perlu menggambar sketsa, menuliskan dengan tinta berwarna. Jika Anda seorang pembelajar auditori yang lebih cepat paham dengan mendengar, ada banyak kuliah online YouTube dan podcast yang membahas soal prometik . Jika Anda belajar paling baik melalui diskusi, pastikan untuk membuat kelompok belajar untuk membicarakan konsep bersama.

Jangan hanya membaca ulang, menulis ulang, dan menyalin catatan lama. Coba hubungkan konsep. Pikirkan tentang apa yang Anda pelajari dari pendekatan holistik dan hubungkan dengan pengalaman klinis yang Anda alami Ketika kuliah.

4. Buat Rencana Studi

Berkomitmenlah dengan rencana dan target belajar anda.  

• Tetapkan jadwal anda dalam seminggu kapan Anda akan belajar, dan hari apa Anda akan libur.

• Buatlah tujuan / target setiap hari. Mungkin itu untuk mengerjakan sejumlah soal latihan, atau menguasai topik konten tertentu.

Belajar tanpa rencana dan target  hanya membuang-buang waktu Anda dan pada akhirnya tidak akan lulus ujian prometrik.

5. Jangan menjawab pertanyaan dari Pengalaman Klinis atau Kerja Sebelumnya

Karena dalam prakteknya ketrampilan klinis di lapaangan berbeda dengan teks buku teori keperawatan yang ada. Padahal Tes prometrik didasarkan pada praktik berbasis bukti yang terbukti, berdasarkan penelitian. Bahkan jika fasilitas Anda sebelumnya melakukan sesuatu dengan cara berbeda walau aman dan sama benarnya, tapi itu mungkin tidak berlaku untuk tes Prometrik.

6. Keterampilan Mengerjakan Tes

Gunakan tips dan strategi yang sudah terbukti, sperti melakukan eliminasi jawaban yang salah, hindari jawaban “ekstrim” seperti SEMUA atau TIDAK ADA, dan ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan pasien.

Dengan latihan, Anda akan melihat tema dalam jawaban:

• Selalu melakukan assessment / pengkajian pasien terlebih dahulu, memanggil dokter segera biasanya bukan langkah pertama yang terbaik dan biasanya bukan jawaban yang benar.

• Gunakan pendekatan Airway-Breathing-Circulation, dll.

• Jika semuanya gagal, andalkan perasaan atau insting anda yang sering disebut “intuisi perawat”.

7. Berinvestasi dengan membeli buku dan melakukan kursus atau pelatihan. Banyak buku panduan dan Latihan soal di berbagai website.

8. Latihan Soal

Perbanyaklah Latihan soal, catat pertanayaan yang anda tidak bisa menjawab dan belajar lagi

9. Tips menjelang Hari Ujian

• Pastikan tidur nyenyak sebelum ujian.

• Bawa makanan ringan

• Datang lebih awal ke tempat ujian, siapkan dokumen yang diperlukan.

• Isi mobil dengan  bensin yang cukup pada malam sebelumnya.

• Atur alarm yang andal.

10. Percayalah pada Diri Sendiri

Yang terpenting, percaya dan Yakin pada diri sendiri. Anda layak lulus dan Anda telah membuktikan potensi Anda sebagai perawat dengan lulus kuliah keperawatan.

Congratulations dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *