Wed. Jul 24th, 2024

NOMOR: PENG. 11/KWS3.DIT2/PP.02.04/II/2023

Memperhatikan Surat Direktur Hubungan Internasional Agensi Ketenagakerjaan Federal Jerman perihal Permintaan Kebutuhan Tenaga Perawat Indonesia di Jerman melalui Skema Penempatan Pemerintah atau Government to Government pada tanggal 11 Januari 2023, dengan ini diberitahukan kepada Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Perawat yang berminat bekerja di Jerman dengan informasi sebagai berikut :

  • Penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia (perawat) di Jerman dalam kerangka program Triple Win berdasarkan Persetujuan antara Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Bundesagentur Arbeit (BA) Jerman tentang Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kesehatan Indonesia di Jerman pada tanggal 16 dan 26 Juli 2021.
  • Permintaan Kebutuhan Tenaga Kesehatan Indonesia Perawat di Jerman melalui skema G to G pada tahun 2023 akan diselenggarakan dalam 2 (dua) periode pendaftaran.
  • Jumlah permintaan kebutuhan Tenaga Kesehatan Indonesia Perawat di Jerman melalui skema G to G pada tahun 2023 sebanyak 600 (enam ratus) perawat dengan pembagian Batch III sebanyak 300 (tiga ratus) perawat dan Batch IV sebanyak 300 (tiga ratus) perawat. Kuota 300 (tiga ratus) perawat Batch III tahun 2023 sudah termaksud 6 (enam) Calon Kandidat PMI Waiting List Batch II tahun 2022 dengan nama-nama sebagaimana tercantum dalam Lampiran I. (6 orang bacth II akan langsung diikutsertakan pada saat proses pelatihan Bahasa setelah upload 2 dokumen yaitu Deklarasi Pelindungan Data dan Pernyataan Partisipasi)
  • Posisi yang dibutuhkan :
  1. Unit Perawatan Intensif
  2. Perawatan Geriatri/ Panti Asuhan/ Perawatan Lansia (Panti Jompo di Jerman adalah Fasilitasi Rawat Inap, dimana perawat Geriatric berurusan dengan orang tua yang membutuhkan bantuan dengan kondisi kesehatan yang berbeda)
  3. Bangsal Umum
  4. Bangsal Medis dan Bedah
  5. Ruang Operasi
  6. Neurologi, Ortopedi dan bidang terkait
  7. Psikiatri
  8. Bangsal Anak dan Neonatal
  • Persyaratan pendaftaran Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perawat Program G To G Di Jerman Batch III tahun 2023 :
  1. Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia;
  2. Berusia minimal 18 Tahun;
  3. Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan memegang Gelar Pendidikan minimal D3 Keperawatan (D3/D4/S1 Keperawatan);
  4. Memiliki Sertifikat Registrasi Perawat (STR Perawat) yang diterbitkan dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku;
  5. Pelamar telah memiliki kemampuan Bahasa Jerman atau bersedia mengikuti pelatihan Bahasa Jerman Level B1 di Indonesia yang akan dilaksanakan secara online atau offline dan Level B2 di Jerman.
  • Dokumen Persyaratan Umum Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia Perawat (Dokumen dalam format PDF dan maksimal ukuran 2 Mb atau 2.000 Kb) :
  1. Scan E-KTP.
  2. Scan Kartu Pencari Kerja  atau AK I.
  3. Scan Kartu Keluarga  (KK).
  4. Scan Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri yang ditandatangani diatas materai/e-meterai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa. (Form Lampiran II).
  5. Scan Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk “Lamaran Bekerja” yang masih berlaku.
  6. Scan Asli Surat Keterangan Sehat  dari Rumah Sakit/ Puskemas Pemerintah.
  7. Scan Asli Surat Keterangan Status Perkawinan bagi yang telah menikah melampirkan Scan buku Nikah (Form Lampiran III ).
  8. Scan Ijazah Pendidikan Keperawatan D3 atau D4 atau S1.
  9. Scan Transkrip Nilai Pendidikan Keperawatan D3 atau D4 atau S1.
  10. Scan Daftar Riwayat Hidup atau CV dalam Bahasa Inggris.

           a. Pembuatan CV mengacu pada template (Form Lampiran IV).

           b. Perlu menjadi perhatian, kejelasan pelamar memberikan informasi pendidikan dan pengalaman pada CV sangat berpengaruh pada keberhasilan seleksi wawancara nanti.

     11. Scan Surat Motivasi dalam Bahasa Inggris.

     12. Scan Surat Rekomendasi dari tempat kerja sebelumnya dalam Bahasa Inggris, jika memiliki.

     13. Scan Sertifikat Bahasa Jerman, jika memiliki.

     14. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3×4 cm.

     15. Scan Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan yang masih aktif kepesertaannya. 

     16. Scan Bukti Vaksinasi Covid-19 Booster (Astrazeneca/ Pfizer/ Moderna/ Johnson&Johnson/ Nuvaxuvid).

   17. Scan surat pernyataan bersedia mengikuti Pelatihan Bahasa Jerman di Indonesia dan jika mengundurkan diri bersedia menerima sanksi untuk tidak dapat mengikuti program Triple Win skema G to G selama 2 tahun berikutnya serta sanksi finansial yang ditandatangani diatas materai/e-meterai Rp.10.000,- diketik manual atau komputer (Form Lampiran V).

    18. Scan surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi apabila dalam proses penempatan ditemukan kasus yang diakibatkan oleh CPMI sehingga CPMI dikeluarkan dari tempat pelatihan yang ditandatangani diatas materai/e-Meterai Rp.10.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri (Form Lampiran VI).

    19. Scan dokumen Deklarasi Perlindungan Data (Form Lampiran VII).

         a. Dokumen Deklarasi Perlindungan Data ini diperlukan oleh Pusat Penempatan Luar Negeri dan Tenaga Ahli (Zentrele Auslands- und FachvermittlunglZAV) dari Badan Ketenagakerjaan Federal (Bundesagentur fur Arbeit) untuk mempromosikan calon PMI kepada  pemberi kerja di Jerman.

         b. Sesuai dengan Ketentuan Peraturan Umum Pelindungan Data dengan meneruskan data pribadi CPMI diperlukan dokumen dimaksud untuk ditandatangani oleh CPMI dalam 2 (dua) Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman).

  • PENDAFTARAN

Pendaftaran Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perawat Indonesia dilakukan secara online melalui website BP2MI https://siskop2mi.bp2mi.go.id/ diawali membuat akun SISKOP2MI dengan mengisi data diri yakni:

  1. Nama
  2. NIK
  3. Nomor HP aktif
  4. Alamat email aktif
  5. Nama Ibu Pelamar
  6. Password
  7. Repeat Pasword

Setelah menginput data diri, pelamar akan menerima email aktivasi dari SISKOP2MI untuk aktivasi. Apabila pelamar tidak melakukan aktivasi akun, maka akun SISKOP2MI tidak dapat dipergunakan. 

Pelamar dapat login melalui  https://siskop2mi.bp2mi.go.id/  untuk memilih lowongan kerja  Skema Penempatan Pemerintah (G to G) Perawat di Jerman dan mengunggah (upload) dokumen-dokumen yang dipersyaratan di atas.

  • MEKANISME PENDAFTARAN
  1. Registrasi pendaftaran diawali dengan Pelamar membuat Akun SISKOP2MI melalui website https://siskop2mi.bp2mi.go.id/. Kemudian pelamar  mengisi data yang diperlukan sebagaimana tercantum dalam point 7 (tujuh) di atas. Setelah mengisi dan submit, pelamar akan mendapatkan bukti berupa Akun SISKOP2MI.
  2. Pelamar menggunakan akun SISKOP2MI untuk login lowongan kerja dalam website  https://siskop2mi.bp2mi.go.id/  dan memilih skema penempatan pemerintah atau G to G  Perawat Jerman. Selanjutnya menggungah (upload) dokumen – dokumen yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam point 6 (enam) di atas, termasuk memilih lokasi BP3MI atau P4MI atau LTSA yang terdekat sebagai tempat pelaksanaan verifikasi dokumen sebagaimana tercantum dalam Lampiran VIII.
  3. Pelamar yang telah menyelesaikan upload dokumen dan melakukan submit diakhir akan mendapatkan SURAT LAMARAN  yang telah dilengkapi dengan QR Code yang dapat diakses di Akun SISKOP2MI serta dikirim ke email pelamar yang bersangkutan. Jika diperlukan dapat diprint atau cukup  diperlihatkan dengan menggunakan HP Android.
  4. Akun SISKOP2MI yang dimiliki pelamar tidak dapat digunakan untuk melamar lowongan kerja skema penempatan lainnya pada saat Pelamar sudah menandatangani Perjanjian Penempatan (PP) antara CPMI dan BP2MI pada saat proses penempatan telah memasuki tahap pelatihan.
  5. Bukti SURAT LAMARAN ber-QR code dapat dipergunakan untuk melakukan pengecekan tahapan proses penempatan yang telah dilalui baik oleh pelamar maupun verifikator.

Catatan:

  • Pada saat pelaksanaan Verifikasi Dokumen di BP3MI atau P4MI atau LTSA terdekat sebagaimana Lampiran VIII, pelamar harus menunjukkan dokumen asli persyaratan yang telah diunggah dalam SISKOP2MI.
  • Dokumen paspor diperlukan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi Interview.
  • Data identitas pada KTP, Ijazah, dan paspor harus sama, apabila terdapat perbedaan maka dapat dilakukan revisi pada dokumen yang dianggap paling benar.
  • Masing-masing dokumen dalam format PDF dan berukuran maksimal 2 Mb atau 2.000 Kb.
  • WAKTU PENDAFTARAN

Waktu pendaftaran untuk Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perawat Program Triple Win skema G to G di Jerman Batch III tahun 2023 akan diumumkan pada tanggal 10 Februari 2023 dan proses unggah dokumen terhitung mulai tanggal 17 Februari 2023 s.d 30 April 2023, Pukul 23.59 WIB. (SISKOP2MI akan menutup pendaftaran secara otomatis pada tanggal 30 April 2023 pukul 23.59 WIB).

  • PELAKSANAAN VERIFIKASI DOKUMEN PENEMPATAN
  1. Direktorat Penempatan Pemerintah Kawasan Eropa dan Timur Tengah akan menyampaikan Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Verifikasi Dokumen Penempatan Calon Kandidat PMI Perawat  melalui website  www.bp2mi.go.id
  2. Pelamar datang ke kantor BP3MI atau P4MI atau LTSA terdekat sebagaimana Lampiran VIII dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membawa bukti SURAT LAMARAN yang ber- QR Code untuk nanti ditunjukan kepada Verifikator BP3MI atau P4MI atau LTSA sebagaimana Lampiran VIII dalam bentuk print out atau soft file di HP, serta dokumen – dokumen asli yang telah diunggah dalam SISKOP2MI.
  3. Pastikan nomor HP dan alamat email yang didaftarkan saat registrasi masih aktif.
  4. Pelamar datang ke Kantor BP3MI atau P4MI atau LTSA terdekat sebagaimana Lampiran VIII, 30 (tiga puluh) menit lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan untuk mengisi daftar hadir dan menunggu antrian proses verifikasi dokumen penempatan oleh Verifikator.
  5. Dokumen Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat akan diverifikasi melalui webservice STR Perawat yang telah terintegrasi dengan SISKOP2MI.
  6. Jika saat pengambilan rekam sidik jari ada kesulitan menggunakan jari tangan, pergunakan siku tangan atau bagian tubuh lainya yang dimungkinkan untuk direkam. Pelamar wajib mengingat bagian anggota tubuh yang direkam untuk memudahkan verifikasi identitas diri saat mengikuti ujian seleksi tahapan berikutnya.
  7. Pelamar akan direkam foto diri dengan mengenakan baju warna putih, bawahan gelap dan sepatu (bagi yang berhijab menyesuaikan).
  8. Sebelum pulang, mohon dipastikan dokumen asli pelamar tidak ada yang tertinggal di kantor BP3MI atau P4MI atau LTSA sebagaimana Lampiran VIII dan check QR Code Surat Lamaran Pelamar pada posisi status “Lamaran Telah Diverifikasi”.
  9. Pelamar secara rutin dan aktif mengikuti perkembangan proses tahapan berikutnya melalui website https://bp2mi.go.id/ dan akun SISKOP2MI.
  • TEMPAT VERIFIKASI DOKUMEN PENEMPATAN

Tempat verifikasi dokumen penempatan Calon Kandidat PMI Perawat program G to G di Jerman Batch III tahun 2023 dilakukan di BP3MI atau P4MI atau LTSA sebagaimana Lampiran VIII sesuai pilihan pelamar.

  • ALUR PROSES PENEMPATAN PROGRAM G TO G DI JERMAN
  1. Pelamar setelah melakukan proses registrasi pendaftaran dilanjutkan dengan seleksi administrasi melalui proses verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen penempatan.
  2. Pengumuman hasil seleksi administrasi melalui website https://bp2mi.go.id/ dan akun SISKOP2MI pelamar yang bersangkutan.
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan melengkapi dokumen hasil pemeriksaan psikologi atau Surat Keterangan Layak Kerja (Job Fit).
  4. Pengumuman pelaksanaan seleksi interview pelamar oleh BA (Bundesagentur fuer Arbeit Jerman) melalui website https://bp2mi.go.id dan akun SISKOP2MI. Wawancara akan dilakukan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia (difasilitasi penerjemah).
  5. Pelamar yang lulus seleksi interview akan diumumkan dalam website https://bp2mi.go.id dan diundang dalam program Triple Win untuk mengikuti pelatihan  bahasa Jerman secara intensif hingga lulus level B1, termasuk sertifikat level A2 dan B1, sesuai kerangka acuan umum Eropa untuk bahasa. 

Tempat pelatihan bahasa Jerman terkait lokasi dan metode pengajaran apakah online atau offline akan disampaikan kemudian.

      6. Matching, sebagai bagian proses pencocokan Kandidat CPMI dengan Pemberi Kerja. Kandidat CPMI akan mengisi data diri pada Triple Win Database yang dapat diakses oleh Pemberi Kerja. Jika Kandidat CPMI terpilih akan di jadwalkan wawancara kerja dengan Pemberi Kerja. Kandidat CPMI dapat menerima ataupun menolak tawaran Pemberi Kerja hingga menemukan tawaran yang sesuai.

      7. Setelah Kandidat CPMI menerima tawaran kerja dari Pemberi Kerja, Kandidat CPMI akan menandatangani Perjanjian Penempatan antara Kandidat CPMI dan BP2MI serta Kontrak Kerja (Perjanjian Kerja) antara CPMI dan Pemberi Kerja.

Sebelum menandatangani Perjanjian Kerja CPMI akan dijadwalkan infosesi mengenai subtansi yang ada dalam Perjanjian Kerja.

     8. Setelah tiba di Jerman dan mulai bekerja, prosedur untuk mendapatkan pengakuan kualifikasi keperawatan harus dimulai. Selain itu, juga memulai pelatihan Bahasa Jerman level B2.

     9. Kandidat CPMI dengan kualifikasi Pendidikan D3/D4/S1 akan ditempatkan dalam pekerjaan sebagai Perawat dalam Proses Penyetaraan, sampai telah mendapatkan lisensi profesional dari Jerman.

   10. Jika PMI belum lulus uji lisensi/penyetaraan yang pertama ada satu kesempatan lagi untuk mengikuti ujian ulang. Proses penyetaraan harus diselesaikan dalam waktu maksimal 3 tahun. Pemberi Kerja akan mengatur proses pembelajaran untuk ujian tersebut.

  11. Jika dalam 3 tahun, PMI tidak mendapatkan Lisensi Profesional Perawat di Jerman maka PMI harus kembali ke Indonesia setelah Kontrak Kerja berakhir dengan biaya ditanggung PMI (PMI telah mendapatkan gaji selama bekerja sebagai Perawat dalam Proses Penyetaraan selama 3 tahun).

  • MANFAAT PROGRAM G TO G PERAWAT DI JERMAN
  1. Gaji kotor bulanan sebagai perawat  dalam proses penyetaraan sebesar minimal €2.300 atau Rp.37.336.130,00 (nilai kurs 1 Euro x Rp.16.233,10). Kemudian setelah Perawat lulus uji penyetaraan, gaji yang diberikan sebesar €2.800 atau Rp.45.452.680,00 (nilai kurs 1 Euro x Rp.16.233,10).
  2. Pajak penghasilan dipotong langsung dengan nilai variative (sekitar 30%) bagi PMI status berkeluarga lebih kecil dibandingkan dengan yang single.
  3. Manfaat pajak untuk jaminan social (kesehatan, perawatan, jaminan pensiun, pengangguran, kecelakaan kerja).
  4. PMI membayarkan iuran aktif minimal 5 Tahun, berhak mendapat pensiun bulanan setelah berusia 67 tahun di Indonesia/di Jerman.
  5. Terjemahan dokumen pengakuan dan sertifikasi akan dibiayai oleh Pemberi Kerja termasuk pemeriksaan Kesehatan (MCU) dan vaksin MMR 2 dosis.
  6. Pembayaran bonus; untuk calon kandidat yang dapat melewati ujian pelatihan Bahasa Jerman level A2 dan level B1 pertama (tidak retake/mengulang), masing-masing mendapatkan bonus € 250 (setiap level setara dengan kurs rupiah yang berlaku).
  7. Buku materi pelatihan dan instruktur Bahasa Jerman ditanggung oleh BA Jerman. Untuk akomodasi dan konsumsi selama pelatihan dan uang saku belum disediakan.
  8. Pemberi Kerja akan menanggung biaya visa kerja dan tiket pesawat dari Jakarta ke Jerman.
  9. Penginapan di Jerman; Pemberi Kerja akan membantu perawat dalam menemukan akomodasi yang sesuai di Jerman. PMI akan menanggung biaya penuh atau sebagian dari penginapan, tergantung Kontrak Kerja antara Pemberi Kerja dan PMI. PMI yang telah lulus Lisensi Profesi Perawat di Jerman dapat membawa keluarganya (Suami/Istri dan Anak) untuk tinggal di Jerman.
  10. Struktur Biaya penempatan Program G to G Perawat di Jerman sesuai Keputusan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Nomor 833 Tahun 2022 dapat dilihat pada Lampiran IX pengumuman ini.
  • INFORMASI DAN PERTANYAAN

Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan seleksi G to G Perawat di Jerman Batch III tahun 2023 dapat melalui email: kawasan3.pp.ertim@bp2mi.go.id

  • UNTUK MENJADI PERHATIAN
  1. Pelatihan Bahasa Jerman level B1 di Indonesia direncanakan akan dimulai pada tanggal 25 September 2023 sampai dengan Juni 2024.
  2. Apabila Calon Kandidat PMI sudah lulus seleksi interview dan memasuki pelatihan Bahasa Jerman memutuskan untuk mengundurkan diri, Kandidat CPMI akan dibebankan sanksi finansial yaitu:
    • Pengembalian biaya partipasi pelatihan Bahasa Jerman mulai dari Rp.10.500.000,- sampai dengan Rp.80.000.000,- Besaran ini akan ditentukan sesuai dengan biaya investasi yang telah dikeluarkan program pelatihan pada saat kandidat melakukan pembatalan.
    • Proses pembatalan/pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis.
  3. Calon kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Batch III tahun 2023 akan ditempatkan di Jerman setelah lulus sertifikat Bahasa Jerman B1, sudah matching memiliki PK dan PP, Visa Kerja, Sertifikat vaksin MMR, MCU dan mengikuti OPP.

Demikian pengumuman ini disampaikan, bilamana terjadi kesalahan atau kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *