Fri. Jun 21st, 2024

Bagi perawat Indonesia yang ingin kerja di luar negeri khususnya ke Timur Tengah harus melalui tahapan verifikasi dokumen.

Dataflow adalah perusahaan yang memberikan layanan verifikasi dokumen paling terpercaya di sektor industri layanan kesehatan. Lebih dari 4,3 juta dokumen berhasil diverifkasi oleh dataflow untuk memastikan bahwa kandidat tenaga perawat yang direkrut fasilitas layanan kesehatan mempunyai dokumen kualifikasi dan kompetensi asli.

  • Perawat kesehatan yang mau bekerja di Timur Tengah wajib mengikuti ujian Prometric sebagai tanda berkompeten sesuai standar internasional.
  • Salah satu syarat penting untuk bisa mengikuti ujian Prometric adalah harus harus lulus verifikasi dokumen melalui dataflow.
  • Dokumen yang perlu diverifkasi melalui dataflow adalah ijazah, STR dan surat pengalaman kerja.
  • Biaya per paket sekitar 3,5 juta sampai 6 juta tergantung negara dan jumlah dokumen yang diverifkasi.

Verifikasi dataflow bisa dilakukan sendiri atau diuruskan oleh agency. Bagi yang belum berpengalaman sebaiknya lewat agency adalah lebih baik.

Contoh Dataflow report

Waktu yang diperlukan biasanya 35 hari kerja untuk yang paket reguler dan 14 hari untuk yang VIP dengan biaya yang lebih mahal.

Format dokumen yang biasa digunakan adalah jpeg dan pdf. Disarankan dokumen lebih baik discan dengan resolusi standar sehingga bisa terbaca secara otomatis oleh komputer.

Faktor yang menyebabkan terlambatnya dataflow bisa disebabkan oleh kualitas dokumen dan respon dari instansi yang mengeluarkan dokumen.

Konten dokumen juga kadang bermasalah, biasanya karena format tidak sesuai standar. Contohnya surat pengalaman kerja yang tidak ada kop suratnya, tidak ada email dan nomer telepon. Hal ini menyulitkan dataflow melakukan verifikasi karena harus melakukannya secara manual.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan detail dari video di bawah ini.

https://youtu.be/bZKH_gz5W44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *